Re-book : Jakarta 24 Jam

yaaaak kembali lagi bersama kana di book review re-book! (kenapa jadi kayak acara TV) 

berhubung buku ini ditulis dengan bahasa indonesia, reviewnya bahasa indonesia aja ya

p.s : bangga bet dah gua, intensitas baca gua meningkat (yang biasanya klo but gabut di kelas main hp, sekarang baca novel kelar weesss produktif nih yee)

s p o i l e r   a l e r t

buku yang ditulis oleh faisal reza, wandy ghani, feddy f. bayusegara, dan putra perdana ini sangat tidak terduga. 

first impression pas ngambil buku dari rak tuh kayak “hmm probably about love at a cafe?” (i’ve been reading too much romance, damn.) atau semacam misteri gitu? 

salah. salah besar. 

ini buku w o w banget menurut gua. 

mulai dari bab pertama cerita kalo ada anak muda masuk ke cafe tua dan ga sengaja mecahin bingkai foto sang pemilik cafe, foto itu ada dia dan istrinya (yang sudah tiada). setelah diambil alih oleh anak muda itu, nama cafe jadi “Jakarta 24 Jam” terus lanjut ke cerita orang lain yang satu per satu masuk juga ke cafe 24 jam tersebut. 

yang bikin gua kaget banget tuh bahasanya. bedaaa banget dari novel-novel sebelumnya yang gua baca, yang diksinya ringan (novel ika natassa dan tere liye) dan mudah dipahami. sastranya main sih di novel ini dan bener-bener ngedeskripsiin suasana, bisa bikin gua ngerasa seolah-olah gua ada di jakarta langsung – dimana gua jarang bet ke sana (ya, pernah lah sekali dua kali ke kotu, atau main ke mall tapi belom pernah ngerasain seluk beluk jakarta) 

meski agak-agak inappropriate buat manusia berumur 16,5 tahun kayak gua, yaaa novel-novel yang gua review sebelumnya juga parah sih HAHAHA tapi yang gua ambil itu hikmahnya, walau agak-agak geli dan kesel gitu deh pas baca. rasanya pengen di-skip aja but it’s a waste if i did it.

parah si HAHAHA apalagi yang bab “trilogi” dimana ada cowok yang bilang “aku sayang kamu” dan dibales ceweknya “aku.. juga” dengan ragu. dan cowoknya cerita kalo dia udah capek padahal ceweknya masih aja minta lol?
udah gitu cowoknya ke ATM ngambil duit soalnya “katanya” nih ceweknya mau cepet-cepet nikah dan butuh duit buat bangun rumah. yang gua kaget tuh di ATM ada manusia mencurigakan di belakang, lagi makan hot dog. ehhh taunya si pemakan hot dog yang bunuh cowok itu dan ngambil duitnya. TERUS taunya cowok yang ngambil duitnya itu selingkuhan ceweknya.
pacar cewek itu kaya dan yaa pacaran cuma karena duit juga udah gak asing lagi lah ya di kuping kita. yang gua ga suka tuh selingkuhannya hahaha pede banget bilang kalo dia dan ceweknya udah sayang banget lah, dia mau bunuh si keparat itu biar dapet duitnya aja. dan cuma dia yang bisa muasin cewek dia wahahah? “aku sebenarnya gak rela tadi malem dia tidur sama pacarku” tapi demi duit sih yah udah 💸💸💸
sintingnya lagi pas dia balik ke hotel, mereka yah you know lah terus ceweknya ngerasa kayak ada yang ganjel gitu dan selingkuhan bangsat itu bilang “ganjel ya?padahal belom sepenuhnya tegang (tbh i feel so uncomfortable writing this HAHAH)
dan ternyata yang ganjel itu golok YANG TADI DIPAKE BUAT BUNUH PACARNYA CEWEKNYA HHHHHH🔪🔪🔪 yaudah disingkirin kan tapi yang gua kaget itu akhirnya ceweknya ngebunuh selingkuhan itu juga, dan ora tahu duitnya dipake buat apa sih tapi ceritanya dia abis itu ke kafe 24 jam hhhh aneh

juga yang lagu “alice in wonderland” sampe anak SMA itu bolos sekolah dan berusaha mencari toko duta suara tapi akhirnya malah ngikutin cowok misterius dan masuk ke kafe 24 jam yang isinya kayak tokoh-tokoh di alice in wonderland persis (ada kucing, kelinci, dll) it feels so trippy idk

ada juga cowok yang ketemu cewek di kafe 24 jam. dia punya mesin waktu dan dia bilang “sampe ketemu nanti” atau semacamnya? “aku yakin suatu saat kita akan bertemu lagi” “kenapa kamu begitu yakin?
yang bikin gua SHOOK BANGET tuh di akhir dimana di kafe itu ada cowok dan cewek yang gua baca tadi di bab sebelumnya lalu ada anak muda masuk (PERSIS sama yang di bab paling pertama) yang anak muda itu bertato, kelihatan serem tapi adem di dekatnya. dia nanya nama cowok tersebut (lupa namanya pak siapa) terus gua mikirnya sih cowok itu pemilik cafe!!!!! dan cewek itu istrinya dan mereka balik ke masa muda? terus kenapa ada si anak muda itu? lol idk

plusnya dari novel ini tuh illustrasi dan judul babnya yang bener-bener blow my mind. BOOM! untuk novel dengan cover sederhana bisa bikin gua gila (ga segila pas akhirnya namatin underground sih,) but expect the unexpected, right?
contoh nama bab yang menurut gua keren (jiaaah keren?) ya menarik gitu ya unik tuh narkolepsi, terus alice, lalu exordium.

udah sih. gua bangga sekaligus sedih baca ini. kenapa ada buku ini sih di perpus gua. 

ga nyesel kok, sumpah. 

7/10. 

and why not 10/10? lol gua geli aja baca bagian trilogi itu jadi gua kurangin 3 poin HAHA

thanks for reading and stay tuned for the next re-book! 

Leave a Reply

